Cara Menabung 1 Juta dalam Sebulan, Terapkan 5 Tips Mudah

Cara Menabung 1 Juta dalam Sebulan, Terapkan 5 Tips Mudah
unsplash.com

Cara menabung 1 juta dalam sebulan bukan hal mustahil dilakukan. Anda bisa menerapkan tips menabung pada kehidupan sehari-hari. Menabung merupakan sebuah kegiatan paling dasar dalam menghemat serta menyisihkan keuangan dari penghasilan yang diperoleh.

Selain menabung, Anda juga bisa mengoptimalkan penghasilan tersebut. Misalnya untuk memenuhi kebutuhan kehidupan sehari-hari dengan melakukan investasi. Khususnya bagi Anda yang memiliki penghasilan satu juta perlu berusaha lebih ekstra dalam mencapai tujuan-tujuan yang ditetapkan.

5 Cara Menabung 1 Juta dalam Sebulan Mudah Diikuti

Menabung menjadi bentuk paling sederhana dari sebuah investasi jangka pendek. Dengan menabung, maka Anda bisa menyimpan dana darurat untuk digunakan di berbagai kondisi nanti. Menabung juga secara tidak langsung akan mengajarkan Anda mengenai cara mengatur penghasilan dan membiasakan untuk tidak berperilaku konsumtif.

Pada zaman modern, memiliki tabungan serta berinvestasi tidak hanya dilakukan oleh orang-orang berpenghasilan besar. Bagi Anda yang memiliki penghasilan sekitar sejuta per bulan juga tetap bisa menabung. Sebab, ada beberapa tips menabung yang bisa dengan mudah diikuti. Adapun beberapa tips mudah yang bisa dilakukan, adalah sebagai berikut.

Prioritaskan Belanja Kebutuhan

Untuk menabung 1 juta rupiah dalam sebulan bisa Anda lakukan dengan memprioritaskan kebutuhan terlebih dahulu. Tips satu ini bisa menjadi salah satu langkah untuk mengatur keuangan secara efektif dalam jangka waktu panjang. Pasalnya, dengan memiliki prioritas kebutuhan, Anda tidak akan mengeluarkan uang untuk hal-hal yang kurang penting.

Sehingga uang yang akan Anda sisihkan juga menjadi lebih banyak. Anda tak perlu lagi khawatir dengan gaya hidup boros. Untuk menjalankan tips ini, buat daftar belanja yang bisa menjelaskan skala prioritas Anda. Hal ini membantu menghindari pembelian barang-barang yang kurang penting.

Kurangi Bepergian ke Luar Rumah

Cara menabung 1 juta dalam sebulan selanjutnya yakni dengan kurangi bepergian ke luar rumah. Sebenarnya, untuk bepergian atau bertemu dengan teman bukan menjadi masalah. Hal tersebut juga perlu Anda lakukan untuk menghilangkan penat. Meski demikian, aktivitas tersebut tidak bisa Anda lakukan terlalu sering. Sebab, nantinya hanya akan menghabiskan uang dan tujuan menabung sulit tercapai. 

Sisihkan Uang di Awal

Hal penting lainnya yang perlu Anda lakukan jika ingin menabung yakni dengan menyisihkan uang dari awal. Jika sudah terbiasa menabung pada penghujung bulan, saat ini bisa mencobanya saat awal bulan. Sehingga, rencana menabung juga semakin terarah. Tak hanya itu, dengan menyisihkan uang saat awal bulan, membantu pengelolaan keuangan agar lebih terkendali.

Rajin Mencatat Keuangan

Cara menabung 1 juta dalam sebulan juga dilakukan dengan mencatat keuangan dengan rajin. Mencatat keuangan menjadi salah satu tips menabung yang seringkali dilupakan. Padahal, dengan mencatat setiap pemasukan, pengeluaran, serta anggaran belanja akan mempermudah pengelolaan keuangan Anda. Pengelolaan keuangan yang baik juga akan mencegah perilaku konsumtif dan boros. Rencana menabung 1 juta setiap bulan tidak sulit direalisasikan.

Pisahkan Rekening

Memisahkan rekening juga penting dilakukan saat Anda ingin menabung. Jika hanya memiliki satu rekening bank, maka Anda perlu membuka rekening baru khusus tabungan. Saat ini, pihak bank banyak menawarkan rekening khusus untuk tabungan. Sehingga, Anda tidak bisa melakukan penarikan layaknya membuka rekening biasa.

Banyak cara menabung 1 juta dalam sebulan yang bisa Anda coba ikuti. Jika disiplin dan konsisten menabung, maka akan membuat Anda terbiasa. Bukan hanya terbiasa menabung, namun juga terbiasa dalam mengatur anggaran dengan baik.