Memahami Apa Itu Valas Beserta Fungsi-fungsinya

Memahami Apa Itu Valas Beserta Fungsi-fungsinya

Valuta asing atau valas mata uang yang diterima dalam sistem perdagangan internasional, namun tidak berlaku di dalam negeri, kecuali negara asalnya. Bukti riil eksistensi mata uangnya adalah dolar Amerika Serikat, dimana kursnya sangat berpengaruh pada nilai rupiah.

Instrumen dari trading maupun investasi yang menggunakan mata uang asing, adalah forex. Sistem perdagangan cepat dengan prediksi apakah nilai suatu mata uang akan turun atau naik terhadap dollar. Selain itu, semua instrumen investasi nyaris tergantung pada dollar AS.

Ditetapkannya dolar AS sebagai kurs mata uang seluruh negara memudahkan proses kerja sama ekonomi internasional. Karena nilai uang dari masing-masing negara berbeda, maka dollar dapat menjadi pagar atau acuan untuk menentukan nilai baru secara internasional.

Fungsi-fungsi Valas yang Menjadi Poin Penting

Dalam segi bisnis, fungsi fungsi valuta asing dapat terlihat jelas dari beberapa poin penting berikut ini:

Alat Tukar Internasional

Alat tukar internasional yang menyeragamkan persepsi nilai suatu barang maupun jasa. Contoh, Indonesia akan membeli kapal selam dari Korea, maka nilai barang tergantung pada kurs mata uang yang disepakati kedua negara, khususnya dalam kasus ini negara Korea.

Alat Pembayaran

Fungsinya sebagai pembayaran tidak ubahnya seperti alat tukar internasional, namun kali ini pembayarannya tidak berwujud barang. Ambil contoh ketika Indonesia melunasi atau membayar sebagian utangnya pada Amerika Serikat maka konversinya ke nilai dollar AS.

Pengendali Kurs

Fungsi lain dari valas adalah sebagai pengendali kurs internasional. Untuk hal ini kamu harus mempelajari secara lebih rinci supaya mendapatkan pemahaman akurat dan sejelas mungkin. Pastinya, fungsi ini melindungi nilai mata uang dari setiap negara yang terlibat.

Memperlancar Perdagangan

Karena ada satu nilai disepakati semua negara maka secara otomatis perdagangan internasional juga dapat berjalan dengan baik. Tidak ada perbedaan persepsi terkait harga karena harga internasional pada akhirnya akan dikonversi ke satu nilai sesuai kesepakatan.

3 Sistem Kurs yang Dianut

Bicara soal kurs valas, ternyata mata uang internasional ini memiliki tiga sistem kurs, diantaranya ada kurs bebas, kurs tetap, dan kurs terkendali. Kami akan membahasnya satu per satu untuk kamu dari penjelasan berikut:

Sistem Kurs Bebas

Dikatakan sistem bebas atau mengambang, istilah lainnya floating karena nilainya benar-benar sebebas mungkin, tergantung permintaan serta penawaran di tempat. Dalam hal ini pemerintah suatu negara tidak turut andil dalam menentukan nilai mata uang tersebut.

Sistem Kurs Tetap

Berbeda dengan sistem bebas, sistem tetap justru menomorsatukan peranan pemerintah dalam menentukan nilai tukar negaranya terhadap negara lain. Karena turut terlibat maka pemerintah dapat menekan kerugian semaksimal mungkin demi melindungi keuangan negara.

Sistem Kurs Terkendali

Terakhir, sistem terkendali artinya penggabungan antara sistem satu dan dua. Pemerintah setempat dapat mengintervensi valuta asing melalui bank sentral. Intervensi ini bisa menyebabkan kenaikan dan penurunan, namun tujuannya satu, demi melindungi ekonomi negara sendiri.

Kategori Valas Berdasarkan dari Bentuknya

Jenis-jenis valuta asing sendiri ada banyak, ada berdasarkan bentuk dan ada juga berdasarkan jenis. Kami ulas pembahasan berdasarkan bentuk diantaranya adalah:

  1. Mata uang negara asing yang diakui suatu negara. Indonesia sendiri selain mengakui dollar AS, juga kerap terlibat dengan euro dan yen.
  2. Saldo kredit berisi saldo devisa suatu negara di negara lain.
  3. Surat wesel, ilustrasinya pebisnis Indonesia mengekspor barang ke AS, nanti pebisnis tersebut akan menarik surat wesel dari pembeli di AS.
  4. Hak penerimaan pembayaran dimana penduduk di suatu negara menerima hak tersebut.

Berdasarkan penjelasan, jika selama ini kamu anggap valas itu hanya dollar AS maka tidak demikian faktanya. Paham mendalam instrumen ini membantu trader pemula sekalipun menemukan pola tradingnya.

Contohnya dalam Ruang Lingkup Internasional

Sedikit saja kami akan memberikan contoh instrumen trading satu ini. Pertama ada had currencies atau mata uang yang sering digunakan dalam lingkup internasional, contohnya USD, EUR, GBP, CAD, AUD, JPY, SGD dan lainnya.

Sementara ada juga exotic currencies artinya tidak ditransaksikan secara internasional, salah satunya rupiah atau IDR. Selain itu masih ada juga THB, PHP, dan MYR. Kebijakan internasional pastinya melibatkan banyak negara dengan berbagai pertimbangan.

Hal tersebut yang membawa dolar AS terus menguat dan menjadi referensi transaksi internasional. Pemahaman tentang valas bisa lebih dicari tahu dengan memilih sumber terpercaya.

Originally posted 2022-02-26 10:56:22.