Simak 7 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 3 Juta

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 3 Juta
Pixabay.com

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta pada dasarnya relatif mudah. Meski demikian, banyak orang belum mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal inilah yang akhirnya membuat mereka terus menerus merasa kurang, karena gajinya selalu habis di pertengahan bulan.

Inilah Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 3 Juta Secara Efektif

Mengatur keuangan dalam rumah tangga menjadi hal yang sangat penting. Tujuan utamanya untuk memastikan kelangsungan hidup keluarga agar selalu stabil dan sejahtera. Apalagi dengan gaji sebesar 3 juta rupiah setiap bulan, anggota keluarga harus mampu mengatur segala bentuk pengeluarannya secara bijak.

Sehingga seluruh kebutuhan hidup sehari-hari dapat terpenuhi dengan baik. Di samping itu, menerapkan pola keuangan yang baik bisa membuat tabungan keluarga menjadi bertambah. Berikut ini cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta, yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Membuat Daftar Anggaran

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam mengatur keuangan rumah tangga adalah membuat daftar anggaran. Buatlah daftar pengeluaran selama 1 bulan, seperti tagihan listrik, air, telepon, dan Wifi. Setelah itu, catatlah pengeluaran rutin meliputi belanja bulanan, uang transportasi, dan sejumlah kebutuhan pokok lainnya.

Selain memudahkan mengatur gaji, daftar anggaran juga membuat Anda lebih teliti melihat pengeluaran setiap bulan. Bahkan sekecil apapun uang yang keluar dari dompet bisa langsung ketahuan. Hal tersebut tentu sangat membantu menentukan berapa sisa bulanan yang bisa Anda gunakan untuk menabung.

2. Tentukan Skala Prioritas untuk Pengeluaran

Setelah daftar anggaran siap, cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta berikutnya yaitu menentukan skala prioritas. Pastikan Anda menentukan terlebih dahulu pengeluaran apa saja yang lebih penting. Sebut saja tagihan bulanan, serta kebutuhan dasar termasuk makanan, pakaian dan obat-obatan.

Jangan lupa sisihkan pendapatan tersebut untuk dana sosial. Mengingat manusia sebagai makhluk yang tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup sendiri, tentu akan selalu bersosialisasi dengan orang lain. Misalnya kebutuhan untuk takziah, kondangan dan masih banyak lagi.

3. Batasi Pengeluaran untuk Hiburan

Jika prioritas kebutuhan sudah tercukupi dengan baik, Anda bisa menggunakan separuh sisa gaji untuk hiburan. Meski begitu, Anda harus memahami jika kebutuhan hiburan memang penting, namun harus senantiasa bijak dalam mengaturnya.

Karena itu, batasi pengeluaran hiburan dengan mengurangi frekuensi kegiatan tersebut. Misalnya membeli sesuatu dengan harga relatif terjangkau, atau pergi ke tempat wisata yang murah meriah. Anda juga bisa menggantinya dengan kegiatan lain layaknya berkumpul bersama keluarga di rumah, kemudian membuat acara sederhana namun tetap menyenangkan.

4. Hindari Hutang yang Tidak Perlu

Menghindari hutang menjadi salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta yang bijak. Apalagi jika kebutuhan hutang tidak mendesak, sementara suku bunganya terlalu tinggi. Jika memang harus meminjam, pastikan mencari kredit dengan suku bunga rendah dan jangka waktu pembayaran yang relatif panjang.

Hal ini akan sangat membantu memastikan arus keuangan rumah tangga Anda aman terkendali. Berbeda halnya jika cicilan bulanan terlalu tinggi, yang justru berisiko membuat gaji Anda langsung habis. Alhasil kebutuhan lain tidak mampu tercukupi.

5. Siapkan Dana Darurat

Dalam hidup selalu ada kejadian-kejadian tak terduga seperti jatuh sakit atau kehilangan pekerjaan. Risiko ini tentu bisa mengganggu keuangan rumah tangga Anda. Karena itu, sangat penting menyiapkan dana darurat guna mengantisipasi situasi tersebut.

Anda bisa menabung sisa penghasilan di bank, menginvestasikan dalam bentuk tertentu, atau ikut asuransi. Ketiga pilihan ini bisa menjadi alternatif jika suatu hari terjadi hal yang tak terduga, maka keluarga masih memiliki cadangan dana darurat.

6. Selalu Hemat Energi

Tips yang tidak kalah penting adalah selalu menghemat penggunaan energi di rumah. Misalnya mematikan lampu saat siang hari, tidak menyalakan kran air jika kurang perlu dan masih banyak lagi. Langkah hemat ini bisa menekan biaya tagihan bulanan, sehingga sisa gaji akan lebih besar.

7. Mencoba Pekerjaan Sampingan

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta yang terakhir adalah mencoba pekerjaan sampingan. Kerja sampingan sangat membantu Anda untuk mendapatkan sumber penghasilan lain. Misalnya jualan pulsa, makanan ringan atau mencari bisnis online modal kecil. Sekian, semoga informasi ini bermanfaat!