Tekno  

3 Cara Screenshot Laptop Acer Mudah Tidak Butuh Waktu Lama

Cara Screenshot Laptop Acer
Ilustrasi gambar dari istockphoto.com

Cara screenshot laptop Acer mudah sekali tidak butuh waktu lama. Acer menjadi merk laptop yang didukung dengan performa handal. Selain itu laptop Acer juga hadir berbagai series dimana bisa Anda sesuaikan sendiri.

Menggunakan laptop ini memudahkan pekerjaan Anda. Namun salah satu kendala dari penggunanya adalah masalah screenshot layar. Ya, laptop Acer belum memiliki fitur khusus untuk menangkap layar secara otomatis tersimpan.

Hal itulah membuat penggunanya bingung. Padahal dengan menangkap layar bisa menjadi salh satu bukti ketika ada kendala. Misalnya saja Anda sudah mengerjakan tugas tapi tiba-tiba tugas itu tidak terkirim kepada orang yang Anda kirimkan.

Jadi dengan tangkapan layar Anda bisa membela diri dan mengatakan bahwa sudah mengerjakan tugas tersebut. Tapi tenang meskipun tidak ada fitur khusus masih ada metode lain guna menangkap layar Acer.

Berbagai Cara Screenshot Laptop Acer

Terdapat banyak metode bisa Anda gunakan dan pilih untuk cara screenshot laptop Acer. Setiap metode memberikan langkah mudah dan tidak membuang waktu Anda. Tapi ingat bahwa metodenya juga memberikan tahapan berbeda-beda.

Menangkap layar bisa Anda lakukan di laptop juga bukan hanya melalui HP. Salah satunya yakni melalui laptop merk Acer. Agar Anda bisa melakukan screenshot layar laptop Acer. Bisa memilih dan menggunakan beberapa cara serta metode dibawah ini.

1. Melalui Tombol Print Screen

Cara pertama yakni melalui tombol print screen atau Prtsc pada keyboard laptop Acer. Cara ini sangat mudah dan simple untuk pengguna lakukan. Karena Anda tidak membutuhkan tips khusus atau menginstal APK tambahan.

Ikuti langkah-langkahnya:

  • Anda tentukan informasi mana yang ingin Anda tangkap layarnya.
  • Jika sudah langsung saja cari dan tekan tombol PrtSc pada keyboard.
  • Kemudian bukalah Aplikasi edit gambar Paint.
  • Setelah itu pastekan tangkapan layar Anda copy tadi ke dalam lembar kerja Paint.
  • Selanjutnya klik save dan ubahlah ubahlah ekstensi gambar menjadi JPG hingga PNG.
  • Kini screenshot layar Anda sudah bisa Anda simpan.

2. Melalui Kombinasi Windows+Shift+S

Cara kedua juga lebih mudah dan tak kalah seru lagi yakni melalui kombinasi Windows+Shift+S. Metode kedua ini kurang lebih sama seperti metode pertama tadi. Hanya saja langkahnya agak beda.

  • Pertama harus menyiapkan informasi ingin Anda screenshot.
  • Ketika sudah siap langsung cari dan tekan kombinasi Windows+Shift+S pada keyboard.
  • Anda tinggal buka software Paint untuk melakukan penyimpanan gambar tangkapan kaya tadi.
  • Jika sudah Anda copy screenshotan layarnya.
  • Tinggal pastekan di Pait.
  • Lalu tinggal save.

3. Menggunakan Snipping Tool

Metode screenshot selanjutnya adalah menggunakan Snipping Tool. Snipping Tool merupakan salah satu Aplikasi bawaan Windows yang bisa Anda gunakan untuk menangkap layar pada laptop Acer.

Baik secara keseluruhan bahkan beberapa bagian layar saja. Aplikasi Snipping Tool menawarkan empat mode screenshot bisa Anda sesuaikan kebutuhan. Metode pertama rectangle snip artinya sebagai mode potongan layar di sekitar objek dalam bentuk kotak atau persegi.

Kedua ada mode free form snip digunakan bagi Anda yang ingin mengambil potongan layar secara bebas dengan menggambar bentuk sekitar objek sesuai keinginan Anda saja.

Ketiga mode Windows snip mode yang digunakan ketika pengguna ingin mengambil tangkapan layar dalam bentuk kotak dialog atau jendela program APK. Terakhir mode full screen snip mode tangkap layar penuh dan keseluruhan pada layar Anda. Setelah Anda menentukan mode screenshot tinggal menyimpan hasil screenshot ke dalam ekstensi seperti JPG, PNG, atau Gif.

3 cara screenshot laptop Acer diatas bisa jadi pilihan terbaik dan mudah Anda ketika ingin menangkap layar baik informasi atau pekerjaan Anda.

Sumber:7 Cara Screenshot di Laptop Acer, Mudah Banget! – Pinhome 

10+ Cara Screenshot di Laptop Acer, Mudah dan Praktis! 

Originally posted 2023-03-29 09:58:04.