Cara Menabung dengan Cepat 100% Sukses Mari Terapkan

Cara Menabung dengan Cepat
Ilustrasi gambar dari unsplash.com

Cara menabung dengan cepat bukanlah hal mustahil karena begitu mudah diterapkan. Bila tepat cara, maka menabung dengan cepat pasti berhasil.

Perkembangan zaman semakin modern, cenderung menjadikan orang untuk memiliki ini dan itu. Ingatlah jika tidak semua orang terlahir dengan kondisi finansial yang sama. Ada orang yang tidak langsung bisa membeli suatu barang karena harus menabung terlebih dahulu.

Cara Menabung dengan Cepat dan Efektif

Manfaat menabung memang tidak langsung bisa kita nikmati. Namun, percayalah jika suatu saat Anda tidak akan menyesal telah menabung sejak dini. 

Bagi Anda pemula, bisa menerapkan tips-tips sederhana berikut ini. 

Hindari Budaya Hidup Konsumtif

Salah satu cara menghindari perilaku konsumtif adalah menjauhkan diri dari jebakan lifestyle. Kita seringkali tergiur dengan style kekinian demi tampil keren dan trendi.

Terlebih saat ini era-nya berjualan online. Anda bisa mendapatkan berbagai produk dengan mudah. Tinggal klik-klik melalui Android, dan kurir akan mengantar sesuai alamat.

Sayangnya, terkadang kita kurang kontrol sehingga tidak bisa menahan untuk tidak membeli. Padahal belum tentu Anda membutuhkan barang tersebut saat ini.

Ikut Arisan

Arisan menjadi salah satu cara efektif menabung dengan cepat. Kepopulerannya membuat arisan mudah ditemukan.

Namun, pastikan Anda bergabung dengan program arisan terpercaya mengingat saat ini ada banyak arisan tipu-tipu berkeliaran di masyarakat. Ikut saja arisan yang diadakan lembaga keuangan seperti BDG atau badan lain yang resmi.

Namun, tetap harus mengingat kemampuan sehingga tidak memberatkan diri sendiri nantinya.

Terapkan Sistem Menabung Harian

Uang saku seakan menjadi hak paten bagi pelajar. Sistem menabung harian bisa menjadi salah satu tips menabung cepat untuk pelajar. 

Cobalah sisihkan terlebih dahulu uang saku tersebut sebelum menggunakannya jajan. Sebagai gantinya, Anda bisa membawa bekal makanan dan minuman dari rumah.

Banyak atau sedikit uang saku, usahakan untuk menyisihkan. Ingatlah jika menabung memiliki segudang manfaat. Salah satunya adalah untuk memenuhi kebutuhan mendadak.

Selektif Meminjamkan Uang ke Teman

Pinjam meminjam adalah hal lumrah di kalangan masyarakat. Namun, selektiflah memberikan pinjaman kepada teman atau saudara.

Faktanya, hubungan antara si peminjam dan yang meminjam terkadang menjadi kurang harmonis gegara tidak bisa mengembalikan tepat waktu. Daripada ujung-ujungnya terjadi hal seperti ini, cara menabung dengan cepat memiliki prinsip lebih baik tidak usah meminjamkan saja.

Hemat Penggunaan Data

Zaman serba digital saat ini, hampir setiap orang telah memiliki ponsel. Supaya bisa menggunakan ponsel dengan baik, kita membutuhkan yang namanya pulsa atau paket data.

Hanya saja, seringkali kita tidak bisa memilih dan memilah untuk membuka aplikasi atau game. Ini berpotensi terjadi pemborosan kuota.

Untuk kebutuhan telepon, aplikasi, game, serta internet, cari saja provider yang kerap mengadakan promo gratisan. Dengan demikian, anggaran yang Anda alokasikan untuk membeli pulsa bisa ditambahkan ke tabungan.

Mulai dari Nominal Terkecil

Tujuan menabung adalah mengumpulkan uang. Cara menabung dengan cepat bagi pemula selanjutnya adalah tidak ada salahnya mencoba dari nominal terkecil terlebih dahulu. Bila sudah terbiasa, silakan menaikkan nominalnya secara bertahap.

Menabung Uang Receh dalam Wadah Bening

Tidak boleh menyepelekan uang receh. Lama kelamaan, uang receh yang Anda kumpulkan juga akan terkumpul banyak.

Anda bisa memasukkan kembalian belanja ke dalam wadah bening, misalkan botol kaca. Harapannya, ketika Anda melihat uang receh masih sedikit di dalam wadah akan semakin bersemangat untuk mengisinya. 

Bagaimana, cara menabung dengan cepat dalam ulasan tadi tidak sulit bukan? Agar sukses menabung memang butuh perjuangan. Selamat mencoba dan semoga sukses.