Cara Membuat QRIS untuk Pemilik Usaha dengan Langkah Termudah

Cara Membuat QRIS untuk Pemilih Usaha dengan Langkah Termudah
id.pinterest.com

Cara membuat QRIS sudah menjadi sebuah keharusan untuk para pelaku usaha saat ini. Sebab, semakin banyak orang yang lebih memilih menggunakan uang digital dalam berbelanja.

QRIS sendiri merupakan suatu metode pembayaran E-Wallet. Untuk mendapatkan QRIS, maka Anda perlu melalui beberapa tahapan yang penting. Mendapatkan QRIS harus menjadi pertimbangan para pelaku usaha, mengingat pembayaran digital saat ini semakin populer.

Bagaimana Cara Membuat QRIS?

Jika Anda sering berbelanja, maka cukup sering melihat metode pembayaran QRIS. Metode pembayaran digital ini memang sangat membantu para pelaku usaha dan juga pembeli.

QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard yang merupakan standarisasi pembayaran dengan menggunakan metode QR Code. Metode pembayaran ini dikeluarkan oleh Bank Indonesia. 

Kertas banner yang memuat gambar QR untuk pembayaran lintas aplikasi ini telah hadir di berbagai mesin EDC.

Metode pembayaran QRIS kini menjadi pilihan banyak orang karena sangat praktis daripada pembayaran tunai. Selain itu, QRIS juga membantu dalam mempercepat inklusi keuangan, dan memasukkan UMKm.

Inilah beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan ketika akan membuat kode QRIS.

Kunjungi Website

Tahap pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi website resmi qris.id dan memahami informasid di dalamnya.

Setelah mendapatkan informasi mengenai QRIS, segera klik tombol “Daftar QRIS”. Selanjutnya cara membuat QRIS hanya perlu memilih jenis bisnis dan melakukan pengisian form.

Pembayaran QRIS

Setelah Anda melakukan pengirisan formulir pendaftaran, selanjutnya perlu membayar QRIS dengan E-Wallet. Ini menjadi langkah wajib yang tidak boleh terlewatkan.

Jika sudah memiliki form tetapi tidak melakukan pembayaran juga, maka pendaftaran akan di pending hingga maksimal 14 hari sebelum akhirnya data isian di reset.

Mendapatkan Notifikasi Registrasi

Ketika Anda sudah melewati langkah pengisian form dan pembayaran, selanjutnya akan mendapatkan username dan juga password. Anda akan menggunakan username serta password tersebut untuk login ke halaman Dashboard yang akan masuk melalui email dan WhatsApp.

Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda telah mengisi email dan WhatsApp yang aktif di dalam form pendaftaran. Setelah mendapatkan tautan login, selanjutnya lengkapi dokumen fisik administrasi.

Mengunggah File Dokumen

QRIS tentu saja membutuhkan data diri Anda secara lengkap. Setelah berhasil masuk ke dalam halaman Dashboard, cara membuat QRIS selanjutnya adalah mengunggah file administrasi.

Jika Anda melengkapi dan mengunggah data dengan benar, maka pengajuan akan segera diproses untuk mendapatkan NMID terhitung sejak masuknya data lengkap.

Apabila data yang Anda unggah mengalami kendala, pihak QRIS akan mengirimkan infor dalam waktu 1×24 jam melalui email dan WhatsApp untuk segera memperbaikinya.

Mendapatkan Notifikasi Kelengkapan

Setelah Anda melengkapi semua langkah pendaftaran QRIS sebelumnya, artinya hanya tinggal menunggu notifikasi kelengkapan file saja. Anda akan mendapatkan notifikasi tersebut maksimal dalam waktu 7 hari kerja.

Informasi kelengkapan data file QRIS akan masuk melalui email dan WhatsApp. Anda akan mendapatkan kejelasan apakah data sudah benar, lengkap, atau masih ada yang kurang.

Jika ternyata masih ada data yang salah, proses pengajuan wajib Anda revisi atau lengkapi ulang. Sementara jika dokumen persyaratan sudah lengkap, artinya Anda bisa langsung mencetak QRIS secara mandiri.

Setelah mendapatkan QR code QRIS, Anda bisa langsung memasangnya di lokasi usaha. Nantinya para pembeli bisa langsung memindai atau scan QRIS untuk melakukan pembayaran.

Sama seperti cara membuat QRIS, Anda dapat menggunakan Dashboard untuk monitoring transaksi uang yang masuk. Semua hasil transaksi akan tertera di Dashboard, sehingga lebih aman.