Cara Membatasi Hotspot di HP Samsung Penting Buat Jaga-jaga

Cara Membatasi Hotspot di HP Samsung Penting Buat Jaga-jaga
pindahlubang.com

Cara membatasi hotspot di HP Samsung menjadi langkah antisipasi jika ada teman yang minta sambungan tethering tetapi seenaknya saja membuka aplikasi. Mau menolak secara langsung tentu saja sungkan. Padahal, mereka terkadang sambung hotspot kemudian memanfaatkan untuk membuka aplikasi dengan ukuran besar. 

Bahkan mungkin Anda pun juga berlaku demikian ketika menyambung hotspot dengan teman. Tentu hal ini cukup merugikan. Salah satu cara mengakalinya adalah dengan membatasi pemakaian. 

Cara Membatasi Hotspot di HP Samsung yang Paling Simpel

Berselancar di dunia maya memang menarik. Untuk mengaksesnya perlu data internet. Sayangnya, tidak semua orang bisa mengontrol pemakaian data internet dengan baik.

Bahkan muncul rasa was-was ketika pengguna android lain hendak menyambung dengan hotspot dari perangkat kita. Tidak mungkin menolak bukan? 

Untuk mengatasinya, cara paling aman adalah membatasi penggunaan data seluler. Bila penasaran bagaimana caranya, silakan ikuti panduan berikut ini.

Menonaktifkan Data Seluler

Cara paling mudah menentukan batas pemakai hotspot di HP Samsung adalah dengan mematikan data seluler. Silakan menonaktifkan secara manual.

Cukup membuka Jaringan & Internet, kemudian tekan Data Seluler. Supaya tetap terhubung ke internet, silakan mengaktifkan menu WiFi.

Secara otomatis, HP Samsung milik Anda akan terhubung dengan data seluler lain atau WiFi. Ini menjadi cara efektif memangkas pembelian kuota.

Aktifkan Data Alert

Cara membatasi hotspot di HP Samsung tanpa menonaktifkan data seluler adalah melalui pengaktifan Data Alert. Cara ini bisa diterapkan pada perangkat apapun.

Teknik ini lebih berorientasi pada munculnya pemberitahuan ketika ponsel telah mencapai batas data seluler pada jumlah tertentu. Membatasi hotspot di perangkat juga menjadi salah satu upaya menghemat penggunaan data seluler.

Bila Anda suka mengakses aplikasi streaming video, maka atur kualitas video ke posisi di bawah HD. Aplikasi streaming video boros kuota antara lain adalah YouTube dan Netflix.

Ada lagi Browser web yang menggunakan data dalam jumlah banyak. Untuk mengakalinya, silakan mengkompresi data dengan pilih opsi Mode sederhana chrome.

Lewat Menu Pengaturan

Cara lain agar perangkat lain tidak terkoneksi dengan hotspot pada HP Samsung Anda adalah atur kembali menu Pengaturan, tepatnya adalah mengaktifkan fitur pembatasan. Anda bisa mengatur berapa pengguna perangkat yang akan terhubung pada hotspot HP Samsung milik Anda.

Tutorial mudah yang akan menjadi panduan bagi pemula adalah:

  • Silakan cari dan temukan menu Settings atau Pengaturan, kemudian buka menu tersebut.
  • Pada jendela aplikasi yang baru, akan muncul opsi Koneksi di sebelah atas. Klik opsi tersebut.
  • Akan tampil 2 submenu, silakan ketuk Hotspot seluler.
  • Selanjutnya, klik ikon titik 3 di sudut kanan atas aplikasi. Lanjutkan dengan klik Konfigurasi hotspot seluler.
  • Berada di laman Konfigurasi, silakan klik Otomatis agar cara membatasi hotspot di HP Samsung berhasil.
  • Pilih jumlah perangkat yang bisa terhubung, lalu klik opsi Simpan.

Membatasi Saluran Siaran dengan Mengatur Batas Data

Sama seperti cara sebelumnya, mengatur batas seluler juga efektif membatasi pengguna perangkat yang ingin tethering. Anda bisa menyetel sesuai kebutuhan. Silakan menyimak panduannya berikut ini.

  • Silakan membuka menu Pengaturan lalu klik Koneksi.
  • Bila sudah, klik opsi Hotspot seluler & penambatan.
  • Pada jendela baru, silakan ketuk Hotspot seluler saja.
  • Lanjutkan dengan memilih opsi Tindak lanjut, kemudian atur batas data seluler.
  • Silakan pilih batas data seluler sesuai kebutuhan.
  • Bila sudah, silakan klik menu OK.

Sebelum ada teman yang minta tethering, silakan menguasai cara membatasi hotspot di HP Samsung dengan benar. Ingatlah untuk tidak berbagi hotspot sembarangan jika ingin terhindar dari bahaya peretasan ponsel.