Gadget  

Layar Laptop Tidak Menyala, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Layar Laptop Tidak Menyala, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya
unsplash.com

Layar laptop tidak menyala pastinya sering membuat Anda bingung, bukan? Hal ini memang bisa terjadi kapan saja dan penyebabnya bermacam-macam. Bisa karena kesalahan teknis atau memang layar laptop Anda rusak dan diharuskan untuk menggantinya.

Sebelum itu, ada baiknya Anda mengetahui masalah apa yang menyebabkan layar laptop tersebut tidak menyala. Sehingga Anda bisa memperbaikinya dengan tepat, meskipun sebenarnya masalah ini cukup umum terjadi pada laptop.

Cara Mengatasi Layar Laptop Tidak Menyala

Laptop merupakan barang elektronik yang cukup rentan mengalami masalah, salah satunya masalah layar yang tidak mau menyala dengan semestinya. Pastinya sebagai mesin portable Anda selalu berharap laptop bisa terus digunakan kapan saja dan tidak pernah mengalami kendala.

Namun, tanpa layar yang menyala tentunya Anda tidak bisa menggunakan laptop tersebut, sehingga layar laptop juga menjadi komponen terpenting. Jika Anda mengalami masalah ini, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi layar laptop yang mati.

Pastikan Panel Display Dalam Keadaan Baik

Layar laptop tidak menyala sebenarnya bisa disebabkan karena panel display yang mati, hal ini menjadi penyebab paling umum. Anda bisa melihat apakah laptop masih bisa menampilkan gambar pada monitor eksternal atau tidak apabila masih normal berarti masalahnya di panel display.

Untuk mengatasi panel display yang rusak Anda tentu harus menggantinya dengan panel display baru agar kinerjanya kembali seperti semua. Jadi sebelum mengambil tindakan untuk memperbaiki layar, Anda bisa mencoba untuk mengecek panel display terlebih dahulu.

Pastikan Kabel Tidak Mengalami Kerusakan

Kerusakan pada kabel fleksibel bisa juga menyebabkan layar tidak mau menyala, kabel ini berfungsi untuk mentransfer gambar ke layar monitor. Anda bisa mengeceknya dengan menghubungkan laptop dengan monitor eksternal untuk memastikan fungsinya.

Apabila layar pada monitor eksternal memunculkan gambar mungkin kabel ini mengalami kerusakan, untuk mengatasinya Anda bisa membawanya ke tempat service. Karena tentunya Anda tidak akan bisa mengatasi masalah ini sendiri.

Pastikan Kondisi VGA

Layar laptop tidak menyala juga bisa disebabkan karena bagian VGA Anda mengalami kerusakan, hal ini tidak bisa Anda perbaiki sendiri. Untuk memastikannya Anda bisa cek kondisi VGA terlebih dahulu, jika memang ada kerusakan Anda bisa menghubungi ahlinya.

Atau Anda juga bisa langsung datang ke service center untuk mengatasi masalah ini, karena komponen VGA ini tertanam pada motherboard. Jadi terkadang salah satu solusinya hanya dengan mengganti Motherboard pada laptop Anda.

Cek Kondisi RAM

Ketika layar laptop mati namun, lampu indikator menyala hal ini bisa disebabkan karena kondisi RAM laptop Anda mengalami kerusakan. Untuk mengatasinya Anda bisa mencoba untuk membersihkan PIN pada RAM kemudian nyalakan laptop Anda.

Atau Anda juga bisa mencoba menggunakan RAM lain atau langsung membawanya ke tempat service untuk memperbaiki masalah ini. Jika menggunakan RAM lain sudah berhasil, bisa jadi RAM sebelumnya yang Anda gunakan tersebut memang rusak.

Laptop Terlalu Panas

Laptop panas juga bisa menjadi penyebab layar mati, untuk itu sebaiknya Anda menghindari overheating agar tidak mengalami kejadian ini. Hal tersebut juga bisa terjadi akibat lubang ventilasi yang tertutup debu atau kotoran bisa juga karena bagian bawah yang tertutup kain.

Layar laptop tidak menyala karena overheating bisa Anda atasi dengan membiarkan laptop kembali dingin terlebih dahulu. Usahakan Anda juga rutin membersihkan debu dan kotoran pada laptop agar tidak mengganggu kinerjanya.