Cara Investasi Emas Antam Bagi Pemula, Dapatkan Keuntungan Optimal

Cara Investasi Emas Antam
Ilustrasi gambar dari voi.id

Cara investasi emas antam saat ini cukup beragam. Sebagai salah satu instrumen investasi, tentu emas akan sangat menjanjikan dalam memberi keuntungan.

Namun, perlu Anda pahami bahwa emas batangan lebih sesuai untuk Anda gunakan untuk investasi jangka panjang. Hal ini karena kenaikan emas pada umumnya tidak signifikansi dari tahun ke tahun.

Cara Investasi Emas Antam Paling Menguntungkan

Emas antam adalah emas batangan yang telah diproduksi secara resmi oleh PT Aneka Tambang, Tbk (Antam). Emas yang telah diproduksi oleh Antam memiliki ciri khusus sebagai pembeda dengan emas yang diproduksi oleh tempat lain.

Ciri khusus tersebut dapat kita lihat dari sertifikat yang terdapat pada emas Antam itu sendiri. Pada sertifikat tersebut terdapat informasi terkait dengan berat, kadar kemurnian, dimensi serta nomor seri emas produksi Antam. Keterangan tersebut sangat sulit untuk dipalsukan.

Logam mulia produk PT Antam, Tbk. ini merupakan emas yang mempunyai kadar kemurnian hingga 99,99%. Hal ini telah diakui secara global dan memperoleh sertifikasi London Bullion Market Association (LBMA). 

Selain itu, emas Antam juga kini telah mendapatkan kelengkapan dengan kemasan certicard yang memungkinkan pemiliknya untuk mengecek keaslian logam mulia tersebut dengan mudah.

Berikut ini beberapa pilihan cara investasi emas Antam yang menguntungkan antara lain:

Ketahui Tujuan Menabung Emas

Hal penting pertama yang perlu Anda ketahui saat akan menabung emas adalah tujuan dari menabung atau investasi itu sendiri. Sama seperti saat memutuskan untuk menabung uang, menabung emas juga perlu disertai dengan tujuan yang jelas.

Dengan memiliki tujuan yang jelas, maka Anda akan lebih mudah dalam mengatur alokasi dana yang harus Anda sisihkan dalam menabung emas.

Selain itu, pastikan dana yang Anda gunakan untuk menabung emas Antam tidak mengganggu cash flow untuk kebutuhan sehari-hari.

Beli di Tempat Terpercaya

Bagi Anda yang merupakan seorang investor pemula, penting untuk memperhatikan tempat transaksi pembelian emas antam yang terpercaya. Hal ini untuk menghindari adanya penipuan yang berkedok investasi.

Dalam setiap pembelian produk emas antam Anda akan memperoleh sertifikat yang berisi keterangan jenis kadar karat, emas hingga kode emas yang berupa nomor seri khusus.

Dalam sertifikat tersebut juga menunjukkan keaslian logam mulia. Saat ini Anda dapat melakukan transaksi jual beli logam mulia di toko online maupun offline melalui distributor resmi emas Antam.

Bahkan tidak hanya di Pegadaian atau toko tradisional, Anda juga dapat membeli produk emas Antam di aplikasi lain yang telah memiliki izin resmi dan diawasi oleh OJK.

Update Perkembangan Harga Emas Antam Terbaru

Tips berinvestasi emas antam selanjutnya adalah dengan terus update tentang perkembangan harga emas Antam yang terbaru.

Ini tentunya tidak hanya membantu Anda dalam menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli emas, akan tetapi juga membantu Anda untuk mengetahui momen yang tepat untuk menjual tabungan emas tersebut untuk memenuhi impian.

Kenali Kadar Karat Emas

Kadar kadar merupakan ukuran tingkat kemurnian dari emas. Kadar logam mulia tertinggi mencapai 24 karat, Pada umumnya, perusahaan logam mulia akan menawarkan produk 24 karat dan 18 karat.

Logam mulia batangan yang memiliki kandungan 24 karat mempunyai tingkat kemurnian 99,9% karena tidak terdapat campuran jenis logam lainnya seperti platinum atau perak.

Sementara untuk emas 18 karat mengandung 75, 40-78,49% dengan campuran logam lainnya. Pada produk Antam, terdapat cap khusus yang menunjukkan logo perusahaan serta tingkat kemurniannya.

Dengan memahami dan menerapkan berbagai cara investasi emas antam di atas, maka Anda pun akan memperoleh keuntungan atau imbal hasil yang lebih optimal di masa depan. Pasalnya, aset ini dapat bertahan di tengah inflasi atau kondisi perekonomian dunia yang tidak stabil.

Sumber Referensi:
https://bigalpha.id/news/5-cara-investasi-emas-antam-untuk-pemula-2021
https://www.logammulia.com/id/news/cara-menabung-emas-antam-lm
https://duniafintech.com/cara-investasi-emas-antam/

Originally posted 2023-04-04 05:31:43.