Gadget  

5 Penyebab Baterai HP Bocor, Pengguna Perlu Hindari

5 Penyebab Baterai HP Bocor, Pengguna Perlu Hindari
pixabay.com

Penyebab baterai HP bocor banyak dicari oleh pengguna smartphone infonya. Kondisi baterai HP bocor akan membuat performa menurun. Hingga akhirnya perangkat tersebut tidak bisa Anda gunakan dengan maksimal.

Keberadaan handphone saat ini dianggap menjadi perangkat penting. Sebab, bisa membantu banyak orang untuk melakukan apapun. Anda bisa berkomunikasi, mengakses informasi lebih cepat, hingga mencari hiburan.

Untuk itu, banyak orang yang menggunakan ponsel dengan intensitas sangat sering. Hal tersebut yang menjadi salah satu penyebab baterai bocor. Baterai termasuk salah satu komponen HP yang rentan mengalami kerusakan. Mengingat bahwa baterai tersebut sumber daya hidup dari handphone. Sehingga ketahui penyebab baterai HP bocor yang bisa Anda hindari.

5 Penyebab Baterai HP Bocor Wajib Dihindari

Baterai HP bocor menjadi salah satu masalah biasa dialami pengguna. Kondisi baterai bocor kemungkinan terjadi akibat kebiasan-kebiasan buruk saat menggunakan atau mencharge  handphone. Padahal baterai bocor pada ponsel sebenarnya perlu Anda cegah jika bisa menggunakannya dengan baik. Adapun beberapa hal yang menyebabkan baterai HP bocor dan wajib dihindari, sebagai berikut.

Menggunakan HP dalam Kondisi Sangat Panas

Suhu yang sangat panas ternyata berpotensi menyebabkan baterai bocor. Misalnya saat terpapar sinar matahari yang terik atau saat Anda gunakan memainkan game hingga sangat panas. Untuk itu, akan lebih baik istirahatkan HP atau smartphone terlebih dahulu.

Cara tersebut bisa saja membantu mengurangi pemakaian di luar. Bahkan bisa dengan memberi jeda cukup lama saat memainkan game berat.

Charge HP Tidak Penuh

Penyebab baterai HP bocor selanjutnya yakni melakukan charge HP tidak sampai penuh. Masalah tersebut biasanya terjadi pada baterai HP dengan jenis Lithium Ion (Li-Ion). Usia dari baterai jenis tersebut yang berdasarkan hitungan isi ulang yang dilakukan oleh penggunanya.

Jika semakin sering melakukan isi ulang, meski tidak mencapai 100 persen. Usia baterai menjadi mudah berkurang dan tidak lagi kuat.  Mulai saat ini, Anda bisa biasakan melakukan charge HP hingga penuh. Pastikan tidak mencabut charge saat belum penuh.

Charge Sebelum Baterai Melemah

Layaknya saat melepas charger saat baterai belum penuh. Jika Anda melakukan pengisian ulang sebelum baterai melemah bisa menyebabkan baterai bocor. Pastikan Anda mengisi ulang baterai hanya saat kondisinya lemah, seperti 15 persen atau 10 persen. Dengan demikian tidak mengurangi usia pemakaian baterai Li-Ion sebelum waktunya.

Charge HP Semalaman

Mungkin Anda sering melakukan pengisian charger HP dan meninggalkannya tidur semalaman. Sebaiknya Anda perlu mengubah kebiasaan yang kurang baik. Sebab, hal tersebut bisa menjadi penyebab baterai HP bocor atau mudah rusak.

Memang maksud Anda melakukan pengisian semalam agar baterai HP dalam kondisi penuh saat bangun pagi. Namun tindakan tersebut bisa membuat HP rusak. Sebab, baterai tersebut terus memperoleh pasokan listrik, meski dalam kondisi penuh. Sebaiknya selalu mencabut charger jika memang baterai sudah penuh.

Menggunakan Charger Tidak Sesuai

Sebelum melakukan pengisian ulang perlu memperhatikan charger yang Anda gunakan. Anda perlu mengetahui keluaran daya pada charger terlebih dahulu. Daya tersebut tepat atau tidak jika akan melakukan pengisian ulang baterai pada HP Anda. Jika menggunakan daya yang tidak sesuai justru membuat baterai bocor.

Anda tak perlu menggunakan charger resmi untuk menjaga baterai HP agar tidak rusak. Terlebih ada banyak perusahaan aksesori yang memperoleh lisensi pembuatan charger dari perusahaan smartphone. Sehingga charger tersebut aman untuk Anda gunakan. Namun perhatikan keluaran arus agar tidak merusak baterai.

Beberapa penyebab baterai HP bocor yang wajib Anda ketahui. Jika sudah tahu penyebabnya, maka bisa menjaga baterai HP Anda agar lebih awet.