Gadget  

5 Cara Mengisi Baterai HP dengan Cepat dan Sangat Efektif

cara mengisi baterai hp dengan cepat
pixels.com

Ada beberapa cara mengisi baterai HP dengan cepat yang perlu kamu perhatikan. Sejumlah cara ini juga terbilang sangat efektif untuk membantu pengisian HP dengan aman.

Nah, salah satu cara yang paling utama yaitu jangan menggunakan HP ketika sedang di cas. Tak hanya itu saja, ada beberapa cara lainnya yang bisa coba kamu terapkan, yakni sebagai berikut.

Sejumlah Cara Mengisi Baterai HP dengan Cepat

Semua sistem yang berjalan di HP tentunya akan memakan daya baterai. Jadi, apabila kamu menjalankan semua sistem ataupun aplikasi yang terinstall, tentu konsumsi daya baterai menjadi meningkat. Dari hal tersebut akan membuat kamu menjadi keseringan mengecas HP.

Seperti yang kita ketahui, terkadang ada beberapa tipe HP yang tidak mempunyai fitur fast charging dan tentunya membuat pengguna untuk bersabar menunggu lebih lama. Walaupun begitu, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa diterapkan supaya pengisian baterai HP cepat penuh, yakni seperti berikut ini.

1. Jangan Bermain HP Ketika di Cas

Hal pertama yang tidak boleh kamu lakukan ketika HP sedang dicas yaitu menggunakannya untuk bermain atau aktivitas lainnya. Sebab, jika kamu melakukan hal tersebut tentu akan membuat suhu HP menjadi meningkat dan daya baterai tidak terisi.

Mungkin jika HP kamu masih dalam kondisi baru, hal tersebut masih belum terpengaruh. Namun, lambat laun jika kebiasaan tersebut tidak kamu hindari, tentu akan memperlemah kesehatan baterai sehingga dayanya akan cepat terkuras.

2. Matikan Jaringan yang Masih Aktif

Cara mengisi baterai HP dengan cepat dan aman berikutnya yaitu, kamu perlu mematikan semua jaringan di HP yang masih menyala. Sebab, jaringan yang masih menyala atau aktif biasanya juga memakan daya baterai.

Sehingga, hal tersebut akan memperlambat pengisian daya baterai pada HP. Maka dari itu, supaya dapat mengisi dengan maksimal, kamu perlu mematikan semua jaringan, baik data internet maupun wifi.

3. Hidupkan Mode Pesawat

Cara berikutnya yang bisa kamu terapkan yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat pada HP. Metode ini dinilai banyak orang bisa membantu mempercepat charge HP. Seperti yang kita ketahui, sinyal yang masih aktif di HP biasanya akan mempengaruhi kecepatan pengisian daya baterai pada HP.

Maka dari itu, dengan mengaktifkan mode pesawat ini tentu akan mematikan sinyal sementara pada HP serta juga akan menstabilkan pengisian daya baterai.

4. Jangan Biarkan Layar HP dalam Keadaan Menyala

Cara mengisi baterai HP dengan cepat berikutnya yaitu kamu perlu memastikan bahkan layar HP dalam kondisi tidak menyala. Walaupun terlihat sepele, namun metode ini juga sangat berpengaruh untuk membantu mempercepat pengisian daya baterai. Sebab, jika dibiarkan menyala, biasanya hal tersebut akan membuat HP menjadi panas dan pengisian daya menjadi tidak stabil.

5. Pakai Charger Original

Perlu kamu ketahui juga, penggunaan charger juga sangat berpengaruh dalam pengisian daya baterai. Jadi, jika kamu tidak menggunakan charger yang original, tentunya bisa mempengaruhi pengecasan menjadi lebih lambat dan tidak maksimal.

Selain itu, charger yang tidak original jua akan menyebabkan masalah lain, seperti performa baterai menurun, HP menjadi sering panas, dan lain sebagainya. Maka dari itu, usahakan kamu selalu menggunakan charger HP yang original.

Jadi, itulah serangkaian cara mengisi baterai HP dengan cepat dan aman. Nah, kamu bisa menerapkan deretan cara-cara di atas supaya pengisian daya baterai menjadi lebih maksimal. Selain itu, cara-cara di atas tentu juga dapat membantu menjaga performa baterai di HP yang kamu gunakan.