Gadget  

Ketahui 5 Penyebab Baterai HP Cepat Habis Beserta Cara Mengatasinya

penyebab baterai hp cepat habis
pixels.com

Perlu kamu ketahui, penyebab baterai HP cepat habis sebenarnya cukup beragam. Mulai dari masalah sistem hingga kerusakan fisik pada baterai. Hal tersebut bisa saja berawal karena cara penggunaan HP yang kamu lakukan kurang baik. Misalnya, menggunakan HP ketika di cas, mengatur tingkat kecerahan layar yang terlalu tinggi, dan lain sebagainya. Nah, supaya masalah tersebut bisa teratasi, sebaiknya kamu mengetahui beberapa penyebab baterai HP boros seperti berikut ini.

Penyebab Baterai HP Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

Sebagai pengguna HP, tentunya pernah mengalami bahwa baterai HP yang mereka cepat habis. Hal tersebut kebanyakan dialami oleh pengguna yang HP-nya sudah berumur. Namun, apakah kamu mengetahui penyebabnya? Nah, seperti yang sudah dijelaskan, baterai HP menjadi boros itu disebabkan oleh banyak faktor. 

Untuk faktor utama yang menyebabkan permasalahan tersebut yaitu karena kebiasaan buruk yang dilakukan pengguna. Namun, tak hanya itu saja, ada beberapa faktor yang yang juga menyebabkan baterai HP menjadi boros, yakni seperti berikut ini.

1. Penggunaan Tingkat Kecerahan Layar yang Berlebihan

Perlu kamu ketahui, penggunaan tingkat kecerahan pada layar yang berlebihan akan membuat baterai HP cepat boros. Sebab, layar HP menjadi salah satu komponen penting pada HP yang selalu aktif ketika digunakan. 

Nah, apabila kamu menggunakan tingkat kecerahan yang berlebih, tentu konsumsi baterai juga akan meningkat. Jadi, jika kamu sedang tidak berada di luar ruangan, lebih baik mengatur kecerahan layar yang minim saja. 

Selain itu, kamu juga bisa mengaktifkan mode dark pada tampilan aplikasi. Selain bisa membantu menghemat baterai, cara tersebut juga akan melindungi mata dari paparan sinar layar HP.

2. Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Penyebab baterai HP cepat habis berikutnya yaitu karena adanya aplikasi yang berjalan di latar belakang. Hal tersebut juga akan berlaku ketika kamu lupa menutup aplikasi yang sebelumnya pernah kamu gunakan. Misalnya, kamu membuka aplikasi media sosial namun tidak menutupnya kembali dan malah membuka aplikasi lainnya. 

Daftar riwayat aplikasi yang tidak kamu tutup tersebut akan tetap berjalan dan tentunya membuat baterai HP menjadi boros. Untuk menghindari tersebut, tentunya kamu perlu membiasakan diri selalu menutup aplikasi ketika sudah tidak digunakan. Kamu juga bisa mengeceknya melalui menu Settings dan nantinya akan terlihat aplikasi mana yang paling banyak memakan daya baterai.

3. GPS dan Wifi Masih Menyala

Ketika kamu membuka Maps, terkadang fitur GPS akan langsung menyala tanpa kamu sadari. Sebab, fitur tersebut akan membantu untuk melacak lokasi dimanapun berada. Nah, terkadang kamu tidak ingat bahwa fitur tersebut masih aktif dan tentu juga bisa memakan konsumsi baterai HP jika dibiarkan seharian.

Selain itu, ketika kamu menyalakan wifi secara terus menerus dan tidak dimatikan setelah digunakan, kemungkinan juga akan memakan daya baterai. Untuk itu, supaya baterai HP kamu tidak boros, sebaiknya selalu mematikan fitur GPS maupun wifi yang sudah tidak digunakan. Sebab, cara ini juga efektif untuk membantu menjaga daya tahan baterai.

4. Terlalu Banyak Mengunduh Aplikasi

Penyebab baterai HP cepat habis yang berikutnya yaitu karena terlalu banyak mengunduh aplikasi. Terlebih lagi aplikasi berat seperti game yang mempunyai kualitas tinggi, tentu akan memakan konsumsi baterai yang semakin tinggi juga. Jadi, jika tidak ingin HP kamu menjadi boros baterai, sebaiknya mengurangi aplikasi yang terinstall di HP.

5. Hardware Bermasalah

Ada kemungkinan juga baterai HP kamu menjadi boros karena kinerjanya sudah berkurang dan tidak maksimal. Biasanya, masalah ini terjadi ketika usia HP kamu sudah sangat lama, sehingga baterai kamu menjadi cepat habis. Tak hanya itu saja, charger HP yang sudah rusak juga dapat memicu permasalahan pada baterai, sebab pengisian daya-nya menjadi tidak maksimal. Untuk itu, kamu perlu mengganti charger atau bahkan baterai yang baru supaya kinerjanya tetap maksimal.

Jadi, itulah beberapa faktor penyebab baterai HP cepat habis yang bisa kamu perhatikan. Selain karena kebiasaan buruk ketika sedang menggunakan HP, faktor kerusakan fisik pada baterai juga bisa menjadi penyebab utama. Nah, jika kamu sudah mengetahui penyebabnya, tentu akan membantu mempermudah untuk mengatasinya bukan? Kamu juga bisa mencoba menerapkan beberapa tips-tips seperti yang sudah dijelaskan di atas.