Gadget  

5 Penyebab Layar HP Bergaris, Pengguna Perlu Waspadai

5 Penyebab Layar HP Bergaris, Pengguna Perlu Waspadai
Pixabay.com

Penyebab layar HP bergaris ini biasanya bermacam-macam. Anda mungkin bertanya-tanya alasan layar HP menjadi bergaris. Padahal selama ini Anda juga sudah sangat hati-hati untuk merawatnya. Handphone kini sudah dianggap sebagai sahabat bagi Anda. Oleh karena itu, banyak orang yang merawatnya dengan baik agar bisa menggunakannya dalam jangka panjang.

Namun tidak bisa dipungkiri jika kelalaian pengguna bisa berakibat fatal, bagi fisik maupun mesinnya. Kondisi disaat HP Anda terjatuh atau tertimpa benda yang berat kemungkinan jadi penyebabnya. Penting bagi Anda untuk mengenali penyebab masalah layar bergaris agar tidak bisa mengatasinya.

Ketahui 5 Penyebab Layar HP Bergaris

Penyebab masalah pada HP dengan layar sentuh memang berbagai macam. Pengguna tentu akan terganggu jika mengetahui layar HP bergaris. Hampir semua smartphone pada zaman sekarang sudah didukung dengan teknologi touchscreen atau layar sentuh. Ketahanan layar touchscreen ini tentu berbeda dengan layar pada zaman dahulu. Dahulu HP masih banyak yang memiliki tombol keyboard.

Namun ada masalah yang sering bagi pengguna smartphone yakni kerusakan pada layar. Bahkan seringkali pengguna mengeluhkan kondisi layar yang bergaris. Hal tersebut yang bisa berpengaruh terhadap fungsi touchscreen atau sekadar menutupi konten pada HP. Sehingga saat Anda mengalami masalah serupa, perlu ketahui penyebabnya. Adapun beberapa penyebab layar HP bergaris, sebagai berikut.

HP Tertindih atau Tertekan

Biasanya masalah ini yang terjadi bagi Anda salah satu pengguna android, seringkali meletakkan HP pada saku celana belakang. HP akan mengalami tekanan cukup kuat atau tertindih oleh benda berat. Setelah itu, akan menampilkan garis putih atau garis dengan warna neon pada bagian layarnya. Hal ini juga bisa terjadi jika Anda meletakkan HP sembarangan di atas kasur. Selanjutnya Anda tidak sengaja menduduki HP tersebut.

HP Terjatuh

Perlu Anda ketahui jika HP yang sering jatuh menjadi salah satu penyebab kondisi layar terdapat garis. Biasanya garis HP yang terjatuh bisa menyerang pada bagian hardware maupun software. Jika sudah menyerang hardware, maka akan ada kerusakan pada LCD layarnya. Selain itu, Anda juga perlu mengenali kerusakan pada software HP karena terbanting.

Sebaiknya Anda segera untuk melakukan pemeriksaan kerusakan pada software. Anda bisa melakukan screenshot serta mengirim pada teman. Untuk mencari tahu kondisi garis tersebut pada saat meng-screenshot. Jika tidak terlihat adanya garis, maka HP Anda masih aman.

HP Terkena atau Terendam Air

Penyebab layar HP bergaris selanjutnya bisa terjadi akibat HP terkena percikan air atau terendam air. Beberapa merk HP juga tidak mendapat ketahanan yang baik. Sehingga akan lebih mudah rusak saat terkena air sekalipun. Anda juga perlu menghindari saat ada salah satu barang elektronik terkena air. Hal ini bisa membantu meminimalisir terjadinya reaksi elektris yang mungkin terjadi.

Socket Layar Rusak

Kemungkinan ada kerusakan pada soket layar HP yang menjadi penyebabnya. Kerusakan soket layar ini juga menimbulkan garis seperti horizontal, vertikal, garis putih, hingga tampak garis ganda. Kemudian socket HP yang rusak ini juga bisa terjadi akibat cacat selama produksi.

Terdapat Sistem yang Eror

Masalah layar HP bergaris mungkin terjadi akibat terdapat sistem eror. Sistem HP yang eror bisa saja memicu reaksi bug sistem dalam bentuk garis halus. Misalnya seperti sehelai rambut atau kondisi layar akan berkedip. Meski masalah ini biasanya akan terjadi untuk HP bekas root atau HP rakitan.

Penyebab layar HP bergaris memang bisa disebabkan oleh berbagai hal. Anda bisa mencoba mencegah atau mengatasi beberapa masalah tersebut. Namun, jika masih belum berhasil, Anda bisa membawanya menuju tempat service untuk pemeriksaan lebih lanjut.