Gadget  

Cara Menghilangkan Jamur di HP, Jadi Makin Bersih

Cara Menghilangkan Jamur di HP, Jadi Makin Bersih
pixabay.com

Cara menghilangkan jamur di HP sebenarnya bukan hal sulit. Saat ini hampir setiap orang menggunakan case pelindung HP. Tujuannya agar bisa melindungi HP saat terjatuh atau tergores. Selain itu, case pelindung HP tersebut juga memiliki berbagai pilihan warna serta motif agar semakin menarik.

Namun sayangnya, penggunaan case pelindung tersebut dalam waktu lama bisa membuat HP mudah berjamur. Tak hanya membuatnya jadi kotor, jamur bisa menimbulkan bau dan bisa menjalar ke hardware bagian dalam.

5 Cara Menghilangkan Jamur di HP Paling Mudah

Saat ini HP sudah menjadi kebutuhan pokok dan sudah dimiliki oleh hampir setiap orang. Bahkan berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa sudah menggunakan perangkat tersebut. Terlebih ada berbagai macam merek yang bisa dipilih.

Namun terkadang sebagian dari orang justru lupa atau cenderung tidak terlalu memperhatikan perawatan HP yang digunakannya. Hal tersebut yang bisa menyebabkan munculnya jamur. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menghilangkan jamur pada HP dengan mudah dan praktis. Berikut ini adalah beberapa tipsnya.

Gunakan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih ternyata berguna untuk membersihkan sesuatu yang tampak kotor atau menempel pada barang tersebut. Salah satunya juga bisa membantu membersihkan casing handphone. Kayu putih bisa mengatasi noda jamur yang terdapat pada belakang HP agar permukaannya kembali bersih. Caranya juga cukup mudah, Anda bisa menggosoknya menggunakan kapas atau tisu.

Gunakan Alkohol

Cara menghilangkan jamur di HP bisa dilakukan dengan alkohol. Alkohol adalah senyawa karbon yang terdapat gugus fungsi -OH dengan rumus umumnya yakni R- OH. Alkohol bisa mudah larut dalam air, namun dengan titik didih yang cukup tinggi. Kandungan senyawa tersebut yang berguna sebagai pembersih.

Alkohol bisa membersihkan body handphone dengan mudah. Anda bisa gunakan alkohol 70% yang terdapat dalam kotak P3K. Selanjutnya basahi dengan kain dan bersihkan casing serta  bodi HP sampai bersih.

Gunakan Tisu Basah dengan Antiseptik 

Selain alkohol, ternyata Anda juga bisa menggunakan tisu basah antiseptik untuk membunuh kuman serta bakteri penyebab jamur. Untuk mengatasi jamur di HP dengan cara ini terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu mengusap seluruh bagian case serta HP dengan tisu basah. Pastikan gosok cukup kuat pada area yang tumbuh jamur. Sebelum memasang case, akan lebih baik tunggu case maupun HP kering.

Gunakan Hand Sanitizer

Cara selanjutnya untuk menghilangkan jamur di HP yakni dengan menggunakan hand sanitizer. Hand sanitizer bukan hanya membantu membunuh kuman. Namun juga bisa atasi noda dan jamur yang menempel pada belakang HP. Caranya cukup mudah, Anda bisa menyiapkan lap microfiber serta hand sanitizer.

Selanjutnya saat semua bahan sudah siap, lalu tuangkan hand sanitizer pada tisu atau lap microfiber. Jika sudah, lap atau tisu tersebut bisa Anda gosokkan pada badan HP yang terkena jamur. Jangan lupa gosok secara perlahan agar semua noda atau jamur yang menempel bisa hilang.

Gunakan Sabun Cuci Tangan

Sabun cuci tangan bukan  hanya berguna untuk cuci tangan. Namun juga bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan jamur di HP. Penggunaan sabun cuci tangan ini terbilang cukup mudah. Pastikan menyiapkan sabun cuci tangan yang biasa digunakan serta lap microfiber.

Ternyata cara menghilangkan jamur di HP saat ini cukup mudah. Anda hanya perlu memanfaatkan beberapa bahan yang mudah dijumpai di rumah. Jika sudah, HP tersebut akan menjadi bersih kembali.