Tekno  

Mudah Tidak Ribet, Ini Cara Melacak HP yang Hilang dengan IMEI

Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan IMEI
istockphoto.com

Cara melacak HP yang hilang dengan IMEI tidak membutuhkan banyak langkah dan tidak perlu memakan waktu lama. Setiap cara yang diberikan oleh IMEI ini tidak membuat bingung penggunanya.

Daftar isi

Sebab user interface atau tampilan layarnya mudah pengguna pahami. Sudah banyak orang menggunakan kode satu ini ketika kehilangan HP.  IMEI sendiri merupakan kepanjangan dari International Mobile Equipment Identity.

Jadi, IMEI ini merupakan nomor sering dari setiap ponsel. Umumnya nomor IMEI ini di atas dari 14 hingga 16 angka. Selain itu biasanya satu ponsel mempunyai 2 IMEI. Hal itu tergantung dari jumlah kartu SIM yang tertera.

Nomor IMEI terdapat pada setiap ponsel baik Android, iOS, ataupun tablet. Jadi rangkaian nomor itu akan terdapat informasi mengenai perangkat lunak yang HP Anda gunakan.

Berikut Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan IMEI

Penasaran dengan cara melacak HP yang hilang dengan IMEI? Hal itu pasti dirasakan oleh pengguna pemula. Wajar saja pengguna pemula belum tahu. Karena baru saja ingin menggunakannya, bukan?

Untuk cara dan langkah-langkah menggunakan IMEI guna melacak ponsel yang hilang ini terbilang cukup mudah. Anda pengguna tidak harus membutuhkan banyak waktu. Hanya dengan beberapa langkah dan waktu singkat, kemungkinan besar tahu keberadaan ponsel Anda.

Namun ingat sebelum menggunakan nomor IMEI, pengguna harus memenuhi beberapa syarat. Salah satunya adalah Anda harus pastikan mengingat kode IMEI dari ponsel yang hilang.

Jika tidak, minimal Anda harus memiliki dusbook HP tersebut. Apabila tidak mempunyainya, maka ponsel tidak bisa Anda lacak menggunakan IMEI. Ingat, hal ini juga tidak berlaku untuk ponsel bekas.

Kecuali Anda sudah menulis nomor IMEI HP yang hilang itu. Kedua, HP yang Anda lacak menggunakan IMEI harus aktif dan terakhir Anda juga harus mengaktifkan mode lokasi.

Cara Melacak HP Gunakan IMEI

  • Anda masuk ke situs Find My Phone Google pastikan terhubung ke dalam koneksi internet.
  • Lalu tinggal masukkan nomor IMEI HP hilang. Lebih mudahnya jika HP tersebut sudah secara otomatis terhubung dengan akun Google.
  • Tinggal menunggu beberapa menit dan klik tanda seru.
  • Jadi, jika sudah ada keterangan bahwa ponsel Android Anda berhasil dilacak, Anda bisa menuju ke lokasi guna mengambil HP itu.
  • Apabila sudah sampai ke tujuan, bunyikan HP Android dengan memiliki pilihan putar suara.
  • Apabila Anda merelakan ponsel itu, pilihlah opsi “Hapus Perangkat”. Maksudnya Anda delete semua data ponsel itu.

Seputar IMEI

Hampir semua orang pengguna ponsel belum ada yang tahu nomor kode IMEI itu apa. Padahal IMEI ini mempunyai peran penting ketika tiba-tiba ponsel Anda hilang.

Sudah disebutkan di penjelasan sebelumnya bahwa IMEI merupakan nomor HP International Mobile Equipment nomor identitas ponsel yang dimana menyimpan banyak data. Setiap ponsel tentu memiliki nomor IMEI.

Jadi IMEI yang ponsel miliki ini berperan dalam mempermudah operator untuk mengidentifikasi ponsel terhubung dalam jaringan. Biasanya nomor IMEI ini tercatat di dusbook ponsel.

Jadi Anda sebisa mungkin harus menyimpan dusbook ponsel agar tidak hilang. Karena jika hilang Anda akan kesulitan dalam mencari nomor IMEI ini. Biasanya orang menggunakan dan memanfaatkan nomor IMEI karena sedang mengalami musibah.

Salah satunya kehilangan ponsel. Ya, memang ada banyak cara untuk melacak ponsel. Akan tetapi lebih simple dan cepat melalui via nomor identitas ponsel atau IMEI.

Mudah sekali cara melacak HP yang hilang dengan IMEI di atas. Kini jika Anda atau saudara bahkan teman sedang mengalami kehilangan ponsel bisa menggunakan alternatif cara tersebut untuk membantu melacaknya.

Originally posted 2023-05-26 19:13:38.