Gadget  

Cara Membersihkan Casing HP yang Kotor Jadi Bening

Cara Membersihkan Casing HP yang Kotor Jadi Bening
Unsplash.com

Casing HP yang mulai memudar dan kotor menjadi salah satu permasalahan pengguna HP yang sering terjadi. Cara membersihkan casing HP menjadi solusi tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Casing yang kotor dan mulai berwarna menguning dapat mengganggu penampilan. Terlebih lagi jika casing yang kotor dapat menempel ke barang-barang lainnya.

Cara Membersihkan Casing HP yang Kotor Jadi Bening

Casing dapat membantu melindungi HP dari benturan keras yang bisa menyebabkan kerusakan pada fisik maupun internal. Akan tetapi, tidak dapat dihindarkan bahwa seiring dengan waktu pemakaian, casing HP bisa mengalami proses menguning.

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan casing HP yang kotor. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan casing HP yang kotor.

Sabun Cuci Piring

Tahukah Anda sabun cuci piring dapat digunakan untuk membersihkan noda casing HP. Akan tetapi penggunaannya tidak hanya sekedar dengan mencucinya dengan sabun tersebut. Pertama-tama buat larutan sabun cuci piring dan juga air.

Tempatkan larutan tersebut ke dalam wadah yang muat untuk ditempatkan casing. Kemudian rendam casing HP ke larutan tersebut menggunakan sikat gigi untuk menggosoknya. Langkah terakhir bilas dan ulangi hal tersebut jika Anda masih kurang puas dengan hasilnya.

Baking Soda

Cara membersihkan casing HP yang selanjutnya Anda bisa memanfaatkan baking soda sebagai bahan untuk membersihkan dari noda kotor dan menguning. Langkahnya juga cukup mudah, pertama-tama taburkan sedikit baking soda pada sikat gigi yang sudah basah.

Kemudian gosok casing HP secara keseluruhan dan merata. Setelah dirasa semua sudah merata dan puas dengan hasilnya cuci casing menggunakan air bersih dan ulang bila diperlukan kembali.

Bleach (Pemutih)

Pemutih memiliki fungsi untuk mengubah benda berwarna menjadi putih atau bening. Karena itulah bahan ini bisa menjadi solusi untuk casing HP bening yang menguning dan kotor. Sebelum mulai mengaplikasikannya Anda dianjurkan untuk menggunakan masker wajah sekali pakai, sarung tangan plastic, dan celemek untuk melindungi diri.

Pemutih memiliki sifat yang korosif dan mudah mengiritasi. Pertama-tama larutkan pemutih dengan takaran yang tepat sesuai instruksi dari plastik. Lalu pastikan juga ruangan tempat untuk melakukan pembersihannya memiliki ventilasi baik. Setelah itu rendam casing ke dalam larutan tersebut dan sikat dengan sikat gigi bekas yang bersih.

Minyak Kayu Putih

Cara membersihkan casing HP selanjutnya bisa menggunakan minyak kayu putih yang memiliki bau menyengat ini. Casing yang kotor bisa menjadi lebih bersih dari noda sisa makanan, bekas stiker, atau bekas double tape.

Sayangnya minyak kayu putih tidak dapat mengembalikan casing yang menguning menjadi kembali bersih bening. Cara penggunaannya juga cukup mudah, hanya dengan mengoleskan minyak kayu putih ke casing yang terdapat nodanya dan digosok. Bisa menggunakan tangan atau sikat gigi bekas yang bersih.

Menggunakan Alkohol atau Hand Sanitizer

Anda juga bisa menggunakan alcohol atau hand sanitizer agar casing menjadi bening seperti baru. Dengan alkohol atau hand sanitizer Anda dapat membersihkan casing HP dengan lebih mudah dan cepat.

Caranya dengan menuangkan alkohol ke kapas bersih dan gosokkan kapas secara perlahan di casing. Kemudian gosokkan kapas hingga noda-noda dan kotoran menghilang dan bersih kesat. Alcohol akan secara efektif membuat casing yang menguning kembali terlihat menjadi baru.

Casing yang kotor dan menguning dapat diatasi dengan berbagai cara yang diatas. Anda bisa memilih cara membersihkan casing HP yang mudah dan cepat. Selamat mencoba.