Gadget  

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Penyebabnya
Ilustrasi gambar dari The Whiz Cells

Cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh bisa dengan mengetahui penyebabnya terlebih dulu. Sebab, ada banyak masalah yang bisa mengakibatkan kondisi tersebut tiba-tiba terjadi. Semua smartphone saat ini sudah menggunakan fitur layar sentuh.

Karena penggunaannya yang cukup sering terkadang membuat layar sentuh mengalami error atau masalah. Jika masalah ini terjadi tentu akan membuat Anda merasa bingung dan khawatir. Untuk itu, kami bisa membantu Anda dengan cara memberikan solusi mengatasi layar HP tidak bisa disentuh.

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh dari Penyebabnya

Mengatasi masalah tentu harus bisa dilakukan dengan mengetahui penyebabnya terlebih dulu. Hal ini juga bisa Anda lakukan ketika layar HP tidak bisa disentuh. Ada beberapa kemungkinan penyebab mengapa layar HP tidak bisa disentuh, di antaranya:

  • Layar HP rusak atau pecah. Jika layar pecah atau rusak, sensitivitas layar terhadap sentuhan akan berkurang atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.
  • Kerusakan pada sensor sentuhan. Sensor sentuhan pada HP juga dapat mengalami kerusakan yang mengakibatkan layar tidak dapat merespons sentuhan.
  • Masalah pada software atau sistem operasi HP. Beberapa kasus, masalah pada software atau sistem operasi HP dapat mengakibatkan layar tidak dapat merespons sentuhan. Misalnya, terjadi kerusakan pada file sistem yang berkaitan dengan layar sentuh.
  • Kondisi lingkungan. Beberapa kondisi lingkungan dapat mempengaruhi sensitivitas layar sentuh, seperti cuaca yang terlalu panas atau dingin, kelembaban yang tinggi, atau lingkungan yang terlalu kotor atau berdebu.
  • Gangguan elektromagnetik. Sinyal elektromagnetik dari peralatan lain seperti televisi atau microwave dapat mempengaruhi sensitivitas layar sentuh pada HP.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat mencoba melakukan beberapa tindakan. Berikut ini ada beberapa cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh antara lain:

Aktifkan Safe Mode

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi layar HP tidak bisa disentuh. Salah satunya yaitu dengan mengaktifkan safe mode. Untuk mengaktifkan fitur tersebut cukup dengan cara menekan tombol power beberapa detik. Jika sudah pilih mode darurat atau mode aman.

Dengan mengaktifkan saafe mode bisa membantu mengatasi masalah tersebut. Namun ketika solusi tersebut sudah Ada coba, namun tidak berhasil kemungkinan besar penyebab berasal dari aplikasi atau program yang baru terunduh.

Copot Lapisan Anti Gores

Cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh selanjutnya dengan mencoba membuka atau mencopot lapisan anti gores. Terkadang lapisan anti gores juga bisa menghalangi respon sentuhan tangan, sehingga sulit ditangkap sensor layar. Anda bisa mencoba melepasnya untuk mengetahui apakah masalah tersebut bisa teratasi atau tidak.

Restart

Melakukan restart juga bisa mengatasi ketika layar HP bermasalah. Memuat ulang atau restart dapat mengembalikan proses yang berjalan pada sistem kembali ke setingan awal. Jika terjadi kendala pada sistem operasinya, layar HP yang tidak bisa disentuh dapat segera teratasi.

Cara restart pun cukup sederhana. Cukup tekan dan tahan tombol power HP beberapa detik. Selanjutnya pilih opsi restart dan tunggu hingga proses muat ulang selesai. Setelah itu, Anda bisa coba operasikan kembali layar sentuh Hp apakah berfungsi atau tidak.

Saat layar HP Anda bermasalah bisa coba gunakan cara yang tepat untuk mengatasinya. Misalnya dengan menggunakan salah satu cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh seperti yang kami rekomendasikan tersebut. Pahami masalahnya mulai dari dengan cari tahu apa yang mengakibatkan layar HP tidak bisa disentuh.