Layar HP Kedap Kedip Tak Perlu Panik Terapkan 5 Cara Berikut

Layar HP Kedap Kedip Tak Perlu Panik Terapkan 5 Cara Berikut
pixabay.com

Layar HP kedap kedip tentu mengganggu kenyamanan pengguna. Ini karena layar HP memberikan informasi secara efektif kepada para penggunanya. Oleh karena itu, jika layar ponsel mengalami gangguan, tak salah apabila pemilik ingin segera memperbaikinya.

Layar HP Kedap Kedip dan Solusi Mengatasinya

Ada banyak cara untuk mengatasi layar HP berkedip. Bila tidak mau pengalaman menjadi kurang maksimal karena layar HP berkedip, Anda bisa menerapkan beberapa trik jitu berikut ini.

Meresetnya

Tanpa sengaja kita telah mengaktifkan Settings perangkat, dan beberapa diantaranya merupakan penyebab layar menjadi error, seperti berkedip. Untuk mengatasi gangguan pada fitur layar ini, Anda bisa membuat Settings perangkat kembali ke posisi semula sesuai standar pabrikan.

Cukup dengan merestart HP untuk menstabilkan kembali kinerja ponsel. Selain mengatasi masalah kedap kedip pada layar HP, cara ini juga mengatasi kinerja HP lemot. Hal penting sebelum mereset perangkat, silakan mencadangkan berbagai data penting terlebih dahulu. 

Berhenti Memainkan HP Ketika Overheat

Cara ini berlaku jika perangkat Anda sudah berumur alias lama pemakaiannya. Ini terjadi karena melemahnya komponen yang ada di dalam ponsel.

Selain itu, beberapa produk HP memang cepat panas meski Anda belum lama memainkannya. Suhu panas tersebut menjalar hingga ke layar.

Bila HP sering mengalami kondisi ini, maka segera berhenti beraktivitas apapun dengan ponsel hingga suhu stabil kembali. Ada beberapa cara untuk menstabilkan kembali suhu android. Cara tersebut antara lain adalah:

  • Hindari mencharger HP terlalu lama agar suhu tidak meningkat drastis.
  • Hindari mencharger di permukaan empuk seperti kasur.
  • Bila tiba-tiba saja layar HP berkedip, segera tekan tombol power off. Tunggu beberapa saat untuk menyalakan kembali.
  • Usahakan memakai cash asli.

Matikan Fitur Settings Tampilan Grafis

Menonaktifkan fitur pengelola tampilan grafis juga menjadi cara mengatasi layar HP kedap kedip layak coba. Fitur ini lebih populer dengan sebutan Overlay HW.

Cara menonaktifkan Overlay HW pun cukup mudah. Silakan cari opsi Tentang ponsel kemudian klik menu Developer option.

Bila sudah, cari opsi Rendering, kemudian geser tombol untuk mematikan Overlay HW. Mematikan fitur HW juga efektif meningkatkan performa perangkat sehingga bisa bekerja maksimal. 

Mematikan Fitur Face Unlock

Siapa sangka terjadinya error atau bug pada fitur keamanan juga menjadi salah satu penyebab layar HP kedap kedip. Bila kondisinya demikian, maka silakan menonaktifkan saja fitur Face unlock. Cara ini efektif dan bisa diterapkan pada ponsel yang dibekali berbagai fitur pengenalan wajah.

Atur Kembali Kecerahan Layar

Selain menonaktifkan Face unlock, Anda juga bisa mengatasi layar HP berkedip dengan mensetting kembali kecerahan layar. Tidak ribet melakukannya karena bisa Anda lakukan secara manual.

Atur kembali kecerahan layar adaptif ke posisi 40% hingga 60%. Silakan membuka Pengaturan kemudian klik menu Tampilan. Bila sudah, lanjutkan dengan pilih opsi Kecerahan, lalu matikan Kecerahan layar otomatis.

Dari sini kita bisa mengambil kesimpulan jika fitur kecerahan otomatis yang notabene bisa menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan sekitar tidak selamanya berimbas baik. Salah satunya yakni menyebabkan layar ponsel berkedip sehingga mengganggu kenyamanan. Namun, ini tergantung pada jenis ponsel yang Anda gunakan. 

Bila semua cara mengatasi layar HP kedap kedip pada ulasan tadi telah Anda terapkan tetapi tidak membuahkan hasil, segera bawa saja ke tempat service center resmi. Ini supaya layar ponsel segera mendapatkan penanganan lebih lanjut.