Gadget  

Cara Restart HP Tanpa Tombol Power yang Tak Berfungsi

Cara Restart HP Tanpa Tombol Power yang Tak Berfungsi
blog.finderonly.net

Terdapat beberapa alternatif untuk cara restart HP tanpa tombol power yang sudah tidak berfungsi atau rusak. Tombol power secara umum berfungsi sebagai tombol mulai ulang atau restart perangkat juga sebagai pemutus dan penghubung gadget dengan daya.

Restart pada perangkat umumnya dilakukan ketika perangkat mengalami error atau salah satu aplikasi perangkat tidak berfungsi. Apabila tombol power perangkat tidak berfungsi atau rusak, maka pengguna harus melakukan cara restart ponsel yang lain.

Cara Restart HP Tanpa Tombol Power dengan Mudah

Secara umum, untuk memuat ulang sistem pada sebuah perangkat HP, biasanya hal yang dilakukan adalah dengan menekan lama pada tombol power HP. Setelah itu, akan muncul menu pilihan pada layar perangkat.

Namun beberapa pengguna mengeluhkan masalah yang terjadi pada tombol power mereka. Sehingga, mereka harus menggunakan alternatif lain sebagai solusinya. Berikut beberapa cara restart HP tanpa tombol power:

Mengunduh Aplikasi Pihak Ketiga

Aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan, seperti Power Menu dan Shutdown yang akan memungkinkan pengguna HP atau smartphone untuk merestart perangkat.

Aplikasi pihak ketiga tersebut tersedia pada toko aplikasi, seperti Google Play Store dan App Store. Berikan izin aksesibilitas pada pengaturan HP kemudian buka dan jalankan aplikasi untuk memulai ulang perangkat.

Menggunakan Fitur Recovery Mode

Cara restart HP tanpa tombol power yang kedua adalah dengan menggunakan fitur recovery mode yang ada pada perangkat. Caranya adalah dengan menyambungkan kabel USB pada perangkat dan tekan tombol volume secara bersamaan. Hal ini dilakukan agar dapat mengakses fitur recovery mode atau mode pemulihan.

Kemudian apabila sudah muncul beberapa menu pilihan tekan menu keluar dan reboot perangkat. Setiap perangkat mungkin akan memiliki versi bahasa yang berbeda-beda. Namun, sebagai alternatif memulai perangkat umumnya menggunakan langkah-langkah yang sama.

Menghidupkan Fitur Hidup dan Mati Terjadwal

Sebagian besar perangkat smartphone keluaran terbaru membawa sejumlah fitur yang baru juga. Salah satunya adalah fitur untuk menghidupkan dan mematikan perangkat secara terjadwal.

Jika tombol power Anda tidak berfungsi, maka Anda dapat menggunakan cara ini sebagai alternatif. Caranya adalah dengan mengatur waktu mati dan waktu hidup kembali pada perangkat.

Misalnya, apabila Anda telah mengatur jadwal mati pada pukul 22.16 dan nyala kembali pukul 00.18. Maka perangkat Anda akan mati dan hidup kembali pada waktu tersebut.

Menggunakan ADB

Cara restart HP tanpa tombol power yang terakhir adalah menggunakan ADB. ADB atau Android Debug Bridge merupakan alat command line serbaguna, alat ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan perangkat HP miliknya. Alternatif ini berfungsi pada perangkat Android secara eksklusif.

Untuk mengaktifkan atau menggunakan alat ini, Anda harus terlebih dahulu mengaktifkan opsi pengembang smartphone Anda. Setelah itu Anda juga perlu mengaktifkan USB debugging dengan membuka menu pengaturan perangkat Anda.

Hubungkan ponsel Anda dengan laptop atau PC menggunakan kabel USB. Apabila muncul notifikasi pada perangkat bahwa USB debugging telah terhubung, maka unduh dan instal ADB pada laptop atau PC yang Anda gunakan.

Cari direktori C:adb dan buka command prompt dengan mengetikkan cmd pada direktori lokasi komputer Anda. Ketik perangkat adb lalu tekan tombol enter. Hal ini akan menunjukkan nomor seri (IMEI) pada perangkat telepon yang terhubung. Ketik adb reboot dan enter, maka secara otomatis perangkat Anda akan memulai ulang atau restart otomatis.

Itulah cara restart HP tanpa tombol power yang lengkap dengan langkah-langkah pengoperasiannya. Apabila tombol power perangkat Anda tidak berfungsi atau rusak, Anda dapat mencoba beberapa alternatif tersebut.